teks

GANJA BUKAN NARKOTIKA GANJA BUKAN NARKOTIKA GANJA BUKAN NARKOTIKA GANJA BUKAN NARKOTIKA GANJA BUKAN NARKOTIKA

Senin, 18 Maret 2013

Republik Ceko telah Melegalisasi Ganja Medis

Presiden Republik Ceko, Vaclav Klaus
Presiden Republik Ceko, Vaclav Klaus
Jumat 15 Februari 2013, Presiden Republik Ceko Vaclav Klaus menandatangani Peraturan Pemerintah terkait penggunaan Ganja untuk keperluan pengobatan. PP ini disetujui 0leh 67 dari 74 senator Dewan di Republik Ceko.
Peraturan baru ini memberikan lampu hijau kepada pasien penyakit kronis untuk menggunakan ganja medis. Pasien hanya dapat membeli ganja medis melalui apotik setelah mendapat rekomendasi dari dokter. Menurut analisa pakar hukum, terapi ganja medis memakan biaya sebesar Rp. 765.000 (1500 crowns) per bulan. Badan legislasi mengatakan biaya terapi dapat mencapai 50juta rupiah (10.000 crowns), sedangkan ganja masih bisa dibeli dari pasar gelap dengan harga rendah. Dalam kebijakanbaru ini, terapi ganja medis tidak dapat dibiayai oleh perusahan asuransi.
Sebagai langkah awal, Ceko akan mengimport ganja medis dari Israel maupun Belanda. Badan Pengawasan Obat Ceko bertindak sebagai pengawas dan distribusi ganja medis. Selain itu, Badan Pengawasan Obat Ceko juga memiliki kewenangan menentukan lokasi pertanian ganja medis. Kebijakan tersebut diambil bersamaan dengan proses pembuatan sistem lisensi bagi petani ganja. Rencananya lisesnsi tersebut akan berlaku maksimal 5 tahun dan mengharuskan petani menjual ganja medis dengan harga lebih rendah dibanding ganja import.
Kepala Departemen Pertanian Ceko; Jan Veleb juga ikut memberi komentar, “Setiap komoditas baru merupakan hal baik untuk petani kami”.
Bekas negara komunis berpenduduk 10,5 juta orang ini telah menjadi bagian dari Uni Eropa semenjak tahun 2004. Dalam urusannya dengan obat-obatan ringan (soft drugs), Ceko adalah negara yang sangat liberal. Rakyat Ceko  hanya akan mendapat sanksi ringan apabila tertangkap memiliki 15 gram ganja atau menanam maksimal 5 pohon ganja. Kelonggaran tersebut membuat daya tarik tersendiri bagi negara tetangga, terutama Polandia, untuk berkunjung ke Ceko.
Survey nasional tahun 2011 menemukan 16,1% masyarakat usia 15 – 34 tahun pernah menggunakan ganja dalam rentang waktu satu tahun. Fenomena tersebut menunjukan penurunan yang signifikan dibandingkan tahun sebelumnya sebesar 20,3%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar